PT. Gorontalo Citra Lestari (GCL) adalah unit pengelolaan hutan tanaman yang berada di Kabupaten Gorontalo dan Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo. Pihak pengelola  – PT GCL – berkomitmen untuk melakukan pengelolaan hutan yang berkelanjutan dengan tidak hanya melihat aspek produksi semata, tetapi juga memperhatikan aspek sosial, budaya, dan lingkungan. Skema Forest Stewardship Council (FSC) dipilih sebagai skema sertifikasi pengelolaan hutan tanaman yang digunakan oleh unit pengelola – PT GCL – untuk pengelolaan hutan secara berkelanjutan.

Dalam rangka memenuhi salah satu syarat yang harus dipenuhi dalam skema sertifikasi pengelolaan hutan tanaman, maka pihak pengelola  PT GCL diwajibkan untuk melakukan penilaian kawasan hutan bernilai konservasi tinggi terhadap areal yang menjadi

wilayah unit pengelolaannya. Bekerjasama dengan PT. Kyara Solusi Indonesia, pada tanggal 9 Mei 2016 sampai dengan 4 Juni 2016 telah dilakukan pelatihan dan penilaian kawasan hutan bernilai konservasi tinggi di areal konsesi GCL seluas ± 29.750 hektar.

Selama kegiatan identifikasi, konsultasi secara langsung dengan pihak perusahaan, ahli ekologi, dan masyarakat setempat sudah dilakukan. Selain itu ada pihak dari dinas dan instansi yang terkait di Kabupaten Gorontalo Utara selaku bagian dari pemangku kepentingan / stake holder  yang diajak untuk berkonsultasi.

Pada tanggal 4 Juni 2016 diadakan konsultasi publik dan sosialisasi hasil penilaian Kawasan Bernilai Konservasi Tinggi di Areal PT Gorontalo Citra Lestari dan Kajian Sosial (Social Impact Assessment) yang bertempatdi Hotel Mirah Isimu, Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo.