NKT 4 Jasa ekosistem dasar dalam kondisi kritis termasuk perlindungan tangkapan air dan pengendalian erosi tanah dan lereng yang rentan

 

NKT 4 adalah jasa ekosistem dasar dalam situasi kritis termasuk perlindungan daerah tangkapan air serta kontrol terhadap erosi pada tanah dan lereng yang rentan. Keberadaan NKT 4 menjadi kritis ketika gangguan terhadap jasa yang disediakannya mengakibatkan ancaman yang parah, katastropik atau berdampak negatif secara kumulatif terhadap kesejahteraan, kesehatan atau kebertahanan masyarakat lokal, fungsi-fungsi infrastruktur penting atau terhadap NKT lainnya (Brown, at al.,2013).

Penentuan kawasan yang memiliki jasa ekosistem dasar seperti definisi yang disebutkan dalam NKT 4 dilakukan melalui pengumpulan sekunder melaui berbagai literatur. Sumber data sekunder digunakan untuk meyakinkan adanya kawasan yang memiliki jasa ekosistem dasar yang ada saat ini antara lain:
1. Peta hutan dan tutupan hutan pada tahun 1997 dan 2015 berdasarkan citra satelit;
2. Peta kelerengan dan jenis tanah;
3. Peta tingkat bahaya erosi;
4. Peta hotspot;
5. Peta penyebaran daerah aliran sungai (DAS).

Situasi yang memenuhi syarat sebagai HCV 4 di GCL Ya/Tidak
Pengelolaan kejadian aliran air yang ekstrim, termasuk zona penyangga mintakat yang bervegetasi atau lahan banjir yang utuh  Tidak
Pemeliharaan rezim aliran sungai bagian hilir  Tidak
Pemeliharaan karakterisitk kualitas air  Tidak
Pencegahan dan perlindungan dari kebakaran Ya
Perlindungan terhadap tanah, akifer dan perikanan yang rentan Ya
Penyediaan air bersih bagi masyarakat lokal Ya
Stabilisi lereng-lereng yang curam Ya
Perlindungan terhadap angin, pengaturan kelembaban, curah hujan dan elemen klimatik lainnya  Tidak
Jasa penyerbukan Ya

 

Deliniasi NKT 4

Kawasan yang masuk kedalam kritreia NKT 4 adalah kawasan hutan memiliki jasa ekosistem dasar untuk pengendalian hidrologi kawasan, pengendali erosi dan sedimentasi, serta pencegah kebakaran. Meliputi hutan alam dengan kondisi yang baik, sungai dan lahan basah lainnya, serta daerah-daerah yang rawan erosi. Luas Kawasan yang masuk dalam kriteria NKT 4 seluas 26.771,55 Ha.    Penyebaran lokasi teridentifikasi NKT 4 di dalam wilayah kajian kawasan bernilai konservasi tinggi di areal PT GNJ dan PT GCL sebagaimana Gambar 4 di bawah ini.

petankt4

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Gambar 4.  Peta Lokasi Sebaran NKT 4 di Dalam Wilayah Kajian Kawasan Bernilai Konservasi Tinggi Areal PT GNJ dan PT GCL