NKT 3 Ekosistem, Habitat atau Refugia Langka, Terancam, atau Genting (RTE).

NKT 3 adalah ekosistem, habitat atau refugia langka, terancam atau genting. Identifikasi NKT 3 di lapangan akan mengarah pada upaya memastikan ada tidaknya ekosistem alami yang tidak atau sedikit terganggu di wilayah kajian. Jika suatu ekosistem alami dijumpai, kemudian dirujuk apakah ekosistem tersebut termasuk ke dalam ekosistem langka atau terancam di tingkat nasional maupun internasional. Terdapat empat kriteria ekosistem yang memenuhi kriteria NKT 3, yaitu langka secara alami; langka secara antropogenik, terancam atau terancam punah, dan diklasifikasikan terancam dalam sistem nasional atau internasional (Brown, et.al, 2013).

NKT 3 mencakup ekosistem, habitat atau refugia yang memiliki peranan penting dikarenakan kelangkaannya atau tingkat ancaman yang dihadapinya atau komposisi spesiesnya yang langka atau unik atau karakteristik lainnya. Untuk mendefinisikan ekosistem langka, perlu dipertimbangkan kehadiran ekosistem serupa lainnya di dalam region biogeografik dan/atau negara yang sama. Komposisi, ukuran, usia, dan struktur spesies dalam sebuah ekosistem dapat dijadikan kriteria yang penting.

Situasi yang memenuhi syarat sebagai HCV 3 di GCL Ya/Tidak
Langka secara alami karena ketergantungannya terhadap jenis tanah, lokasi, hidrologi atau fitur klimatis atau fisik lainnya yang sangat terlokalisasi  Tidak
Langka secara antropogenik, dikarenakan luasan ekosistem tersebut telah berkurang drastis akibat aktifitas manusia di bandingkan luasan sejarahnya Ya
Terancam atau terancam punah karena operasi yang tengah berlangsung atau telah di ajukan  Ya
Diklasifikasikan terancam dalam sistem nasional atau internasional  Ya

Deliniasi NKT 3

Kawasan yang masuk kedalam kritreia NKT 3 adalah kawasan hutan dataran rendah dan sub pegunungan yang sebagian besar merupakan ekosistem dalam areal konsesi GCL dan GNJ, luas kawasan hutan yang masuk dalam kriteria NKT 3 seluas 30.842 Ha. Penyebaran lokasi teridentifikasi NKT 3 di dalam wilayah kajian kawasan bernilai konservasi tinggi di areal PT GNJ dan PT GCL sebagaimana Gambar 3 di bawah ini.

petankt3

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Gambar 3.  Peta Lokasi Sebaran NKT 3 di Dalam Wilayah Kajian Kawasan Bernilai Konservasi Tinggi Areal PT GNJ dan PT GCL