NKT 2 Mosaik ekosistem tingkat lanskap yang signifikansi di tingkat global, regional atau nasional, dan bersisi mayoritas populasi spesies yang timbul alami dan mampu bertahan hidup dalam pola persebaran dan kelimpahan alami.

 

NKT 2 adalah ekosistem pada level lansekap yang luas, serta mosaik ekosistem yang signifikan pada level global, regional atau nasional, serta yang mencakup populasi yang layak dari sebagian besar spesies alami dengan pola distribusi dan jumlah yang alami (Brown, et.all, 2013).

NKT 2 mencakup ekosistem dan mosaik ekosistem yang cukup besar serta secara relatif belum terganggu sehingga mampu menyokong populasi yang layak dari sebagian besar spesies alami serta (secara implisit) mayoritas nilai-nilai lingkungan yang muncul dalam ekosistem terkait. Ekosistem pada level lanskap yang luas serta mosaik ekosistem Secara prinsip, ukuran ambang batas bagi NKT 2 harus berhubungan dengan kawasan yang dibutuhkan untuk memelihara populasi yang layak, khususnya spesies besar atau yang memiliki persebaran yang luas. Ambang batas wilayah sebesar 500 km2 (50.000 ha) telah digunakan secara luas sebagai panduan, namun ini perlu ditentukan berdasarkan Interpretasi Nasional NKT atau konsultasi dengan ahli.

Situasi yang memenuhi syarat sebagai HCV 2 di PT GCL Iya/Tidak
Wilayah yang luas (Contohnya > 50.000 ha), yang letaknya relatif jauh dari pemukiman manusia, jalanan atau akses lainnya Tidak
Wilayah yang ukurannya lebih kecil yang menyediakan fungsi-fungsi kunci bagi lanskap seperti keterhubungan dan penyanggaan Ya
Wilayah yang luas yang bersifat lebih alamai dan utuh dibandingkan wilayah serupa lainnya  Ya

Deliniasi NKT 2

Kawasan yang masuk kedalam kritreia NKT 2 adalah hutan-hutan yang tersisa di dalam konsesi GCL dan GNJ yang meyambung dengan kawasan hutan yang masih utuh diluarnya seperti dekat dengan SM Nantu dan TN Bogani Nani Wartabone.  Luas kawasan yang masuk dalam kriteria ini sebesar 28.740,13 Ha.  Penyebaran lokasi teridentifikasi NKT 2 di dalam wilayah kajian kawasan bernilai konservasi tinggi di areal PT GNJ dan PT GCL sebagaimana Gambar 3 di bawah ini.

petankt2

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Gambar 3.  Peta Lokasi Sebaran NKT 2 di Dalam Wilayah Kajian Kawasan Bernilai Konservasi Tinggi Areal PT GCL dan PT GNJ