NKT 1 Konsentrasi keanekaragaman hayati termasuk spesies endemik, langka, terancam atau genting (RTE) yang signifikan di tingkat global, regional atau nasional.

 

Common Guide for the identification of HCV (Brown, et.al, 2013) memberikan panduan untuk mendeteksi situasi-situasi di wilayah kajian yang dapat memenuhi kriteria NKT1. NKT 1 mencakup konsentrasi keanekaragaman hayati yang signifikan, yang diakui unik atau luar biasa dibandingkan dengan kawasan lainnya atau berdasarkan kerangka kerja prioritas atau melalui kajian lapangan dan konsultasi. Wilayah manapun yang mengandung konsentrasi spesies NKT 1 (RTE atau endemik) yang signifikan, atau yang mengandung habitat yang berperan kritis terhadap kebertahanan spesies tersebut akan ditetapkan sebagai kawasan NKT. Hal ini tidak berarti bahwa penampakan atau kehadiran spesies RTE yang terekam akan memenuhi syarat sebagai NKT, hanya apabila konsentrasi spesies tersebut signifikan secara global, regional atau nasional.

Situasi yang memenuhi syarat sebagai HCV 1 di PT GCL Ya/Tidak
Kekayaan, keanekaragaman, atau keunikan spesies yang tinggi Ya
Populasi beberapa spesies endemik atau RTE (rare, threatened or endangered) Ya
Populasi penting atau spesies endemik atau RTE individu yang berjumlah banyak Ya
Populasi kecil dari spesies endemik atau RTE individu, dimana kebertahanan nasional, regional atau global spesies bergantung secara kritis pada kawasan terkait Ya
Situs dengan kekayaan spesies RTE signifikan  Ya
Varian, subspesies atau varietas genetik penting  Tidak

Deliniasi NKT 1

Kawasan yang masuk dalam kriteria NKT 1 adalah kawasan hutan yang memiliki tingkat gangguan tidak terlalu tinggi, berbatasan dengan berbagai kawasan lindung dan konservasi. Termasuk didalamnya adalah sempadan-sempadan sungai. Dimana kawasan ini relatif aman dan belum banyak terganggu pembukaan lahan. Luas kawasan yang masuk ke dalam kriteria ini di dalam wilayah kajian kawasan bernilai konservasi tinggi di areal konsesi PT GCL dan PT GNJ seluas 9.949,24 Ha.  Penyebaran lokasi teridentifikasi NKT 1 di dalam wilayah kajian sebagaimana Gambar 1 di bawah ini.

 petankt1

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Gambar 1.  Peta Lokasi Sebaran NKT 1 di Dalam Wilayah Kajian Kawasan Bernilai Konservasi Tinggi PT GNJ dan PT GCL