NKT 2  Kawasan Bentang Alam yang Penting bagi Dinamika Ekologi Secara Alami

 

NKT 2.1 Kawasan bentang alam luas yang memiliki kapasitas untuk menjaga proses dan dinamika ekologi secara alami

Identifikasi NKT 2.1

NKT Pertanyaan Kunci Hasil
2.1 Apakah areal GCL dan GNJ merupakan bagian dari lansekap yang memiliki kapasitas untuk menjaga proses dinamika ekologi alami? YA

Deliniasi NKT 2.1

Kawasan indikatif hutan yang masuk kedalam kriteria NKT 2.1 di dalam areal konsesi GCL dan GNJ adalah kawasan hutan yang masuk dalam kategori daerah inti seluas 1.187,26 hektar, dan daerah penyangga/buffer zone yang ada di dalam konsesi GCL dan GNJ seperti terlihat dalam Gambar 5.

petankt1

Gambar 5.  Peta Deliniasi Kawasan NKT 2.1 di Wilayah Kajian (PT GNJ dan PT GCL)

 

NKT 2.2. Kawasan yang berisi dua atau lebih ekosistem dengan garis batas yang tidak terputus (berkesinambungan)

Identifikasi NKT 2.2

NKT Pertanyaan Kunci Hasil
2.2 Apakah areal GCL dan GNJ merupakan bagian dari lansekap yang memiliki dua atau lebih ekosistem yang tidak terputus? YA

Deliniasi NKT 2.2

Kawasan yang masuk ke dalam kriteria NKT 2.2 adalah batas antara berbagai ekosistem yang ada di konsesi GCL dan GNJ berdasarkan peralihan ketinggian tanah dari permukaan laut (m dpl). Dan juga batas berdasarkan peralihan antara ekosistem lahan basah dengan lahan kering di sekitarnya, sungai dan penyangga sungai (ekosistem riparian). Perkiraan luasan kawasan indikatif yang masuk ke dalam kategori NKT 2.2 adalah 349,73 Ha berdasarkan beda ketinggian dan seluas 2.539,44 Ha untuk sempadan sungai atau riparian.  Penyebaran lokasi teridentifikasi NKT 2.2 di dalam wilayah kajian kawasan bernilai konservasi tinggi di areal PT GNJ dan PT GCL sebagaimana Gambar 6 di bawah ini.

petankt1

Gambar 6.  Peta Deliniasi Kawasan NKT 2.2 di Wilayah Kajian (PT GNJ dan PT GCL)

 

NKT 2.3 Kawasan yang berisi populasi dari perwakilan jenis alami

Identifikasi NKT 2.3

NKT Pertanyaan Kunci Hasil
2.3 Apakah areal GCL dan GNJ merupakan bagian dari lansekap yang memiliki populasi dari perwakilan jenis alami? YA

Deliniasi NKT 2.3

Kesemua areal GCL dan GNJ yang masih memiliki tutupan hutan yang relatif masih bagus dan kondisi terjaga sangat penting memungkinkan masuk sebagai areal NKT 2.3. Perkiraan luasan indikatif kawasan yang masuk ke dalam kategori NKT 2.3 adalah sekitar 31.014,60 hektar.   Penyebaran lokasi teridentifikasi NKT 2.3 di dalam wilayah kajian kawasan bernilai konservasi tinggi di areal PT GNJ dan PT GCL sebagaimana Gambar 7 di bawah ini.

petankt1

Gambar 7.  Peta Deliniasi Kawasan NKT 2.3 di Wilayah Kajian (PT GNJ dan PT GCL)