Aksesibilitas Areal Kerja IUPHHK-HA PT Gema Hutani Lestari

aksesibilitasAksesibilitas ke areal kerja IUPHHK HA - PT Gema Hutani Lestari di Pulau Buru dapat ditempuh melalui transportasi laut maupun udara, sedangkan aksesibilitas di dalam areal kerja melalui jalan logging bekas IUPHHK HA - PT Gema Sanubari yang sudah ada sejak tahun 1978 yang diperbaiki dan dioperasionalkan kembali oleh PT Gema Hutani Lestari sesuai tata waktu Rencana Kerja Tahunan-nya.

Transportasi udara Jakarta - Ambon dilayani oleh beberapa maskapai penerbangan komersial yaitu Garuda Indonesia, Lion Air, Batik Air dan Sriwijaya Air.  Garuda Indonesia, Lion Air dan Batik Air melayani penerbangan dinihari yang sampai di Ambon paling lambat sekitar pukul 07.00 WIT.  Waktu tempuh Jakarta - Ambon sekitar 3,5 - 4 jam sehingga connect dengan penerbangan Susi Air menuju Namlea. 

Di Namlea (Kabupaten Buru) terdapat lapangan terbang yang dapat didarati pesawat komersial Susi Air.  Flight Ambon - Namlea atau Namlea - Ambon dilayani oleh pesawat Susi Air secara regular 3 kali seminggu yaitu pada hari Senin, Rabu dan Jum'at.

Untuk penerbangan pada hari Jum'at dilayani dua minggu sekali artinya jika pada Jum'at minggu ini ada penerbangan ke Namlea, maka pada Jum'at minggu depan tidak ada penerbangan ke Namlea.  Begitu seterusnya, atau tergantung situasi dan kondisi cuaca.

Take off dari Ambon menuju Namlea biasanya pada pukul 9.00 WIT, tapi tergantung cuaca.  Paling lambat biasanya sekitar pulul 11.00 WIT.  Waktu tempuh Ambon - Namlea biasanya sekitar 30 - 45 menit.    Bongkar bagasi di lapangan terbang Namlea sekitar 15 menit kemudian take off kembali menuju Ambon.

Transportasi laut Ambon menuju Namlea dilayani setiap hari oleh kapal ferry dan kapal cepat.  Waktu tempuh Ambon - Namlea dan sebaliknya menggunakan kapal ferry sekitar 8 jam dan kapal cepat sekitar 6-7 jam.   Kondisi transportasi laut ini sangat dipengaruhi oleh kondisi gelombang laut.  Jika pada saat gelombang tinggi waktu tempuh bisa menjadi lebih lama bahkan bisa ditunda keberangkatannya.

Disamping itu, sebulan sekali ada kapal PELNI seperti KM Sinabung, KM Wayangan, dll yang melayani rute Ambon - Namlea.  Waktu tempuh kapal PELNI ini sekitar 3 - 4 jam dan relatif tidak tergantung tinggi gelombang artinya jadual keberangkatannya lebih pasti.

Komunikasi internal antara Kantor Pusat PT Gema Hutani Lestari di Jakarta dengan Base Camp Waetabi P. Buru menggunakan telepon/skype, e-mail dan SSB.  Bahkan Handphone (HP) dapat digunakan di desa terdekat seperti Wamlana karena sudah ada base transceiver station (BTS) Telkomsel.