Visi perusahaan IUPHHK-HA PT Gema Hutani Lestari adalah membangun pengelolaan hutan alam secara lestari dengan menempatkan pemanfaatan sumberdaya hutan dalam keseimbangan antara kelestarian fungsi produksi, fungsi ekologi dan fungsi sosial ekonomi.

Misi perusahaan IUPHHK-HA PT Gema Hutani Lestari dalam mengelola dan memanfaatkan sumberdaya hutan adalah untuk menjamin kebutuhan pasokan bahan baku hasil hutan secara lestari, meningkatkan keseimbangan dan kelestarian ekosistem serta meningkatkan pemberdayaan sosial dan ekonomi regional.

Sedangkan Kebijakan Perusahaan IUPHHK-HA PT Gema Hutani Lestari guna mendukung visi dan misi perusahaan tersebut adalah :

  1. Berupaya mencapai kelestarian fungsi produksi yang menjamin keberlanjutan kelestarian sumberdaya hutan, kelestarian hasil hutan dan kelestarian usaha melalui kepastian dan keamanan kawasan yang diakui oleh seluruh stake-holder, pengaturan hasil yang benar, pembalakan ramah lingkungan yang didukung oleh aliran produksi yang mampu telusur dan pemeliharaan tegakan tinggal.
  2. Berupaya mencapai kelestarian fungsi lingkungan yang menjamin keberalanjutan fungsi hutan sebagai penyangga kehidupan berbagai keanekaragaman hayati asli dan ekosistem melalui pengelolaan lingkungan untuk mencegah dan mengurangi terjadinya dampak negatif terhadap lingkungan.
  3. Berupaya mencapai kelestarian fungsi sosial yang menjamin keberlanjutan pengelolaan hutan produksi bagi kehidupan masyarakat setempat yang bergantung pada hutan produksi secara lintas generasi dengan memberikan kontribusi terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat setempat.
  4. Berupaya mematuhi peraturan perundangan dan persyaratan lainnya dalam rangka mencapai pengelolaan hutan secara lestari, baik skema Mandatory Kementerian Kehutanan RI maupun skema sukarela Forest Stewardship Council® (FSC®).