Rencana Pemantauan Lingkungan (RPL) - PT Gema Hutani Lestari

Dokumen  RPL IUPHHK-HA PT Gema Hutani Lestari telah disetujui oleh Sekretaris Jenderal/Ketua Komisi AMDAlL Pusat Depjutbun No.14/Menhutbun-II/2000 tanggal 25 September 2000.

Tujuan pemantauan lingkungan di IUPHHK-HA PT Gema Hutani Lestari adalah untuk mengevaluasi efektifitas pelaksanaan kegiatan pengelolaan lingkungan dan memberikan informasi untuk perbaikan kegiatan pengelolaan selanjutnya.

Seperti halnya pada pengelolaan lingkungan, maka sasaran pemantauan lingkungan sebagaimana Dokumen RPL PT Gema Hutani Lestari tersebut juga diarahkan pada kawasan lindung yang teridentifikasi sebagai High Conservation value yaitu Kawasan Bernilai Konservasi Tinggi (KBKT) 1.1  yaitu Buffer Zone HL, KBKT 4.1 (Sempadan Sungai), KBKT 4.2 (Areal Lereng >40%), KBKT 4.1 dan 5 (DAS yang dimanfaatkan masyarakat setempat), KBKT 4.3 (Sekat bakar Alami), areal tidak efektif untuk produksi dan areal efektif produksi.

Kegiatan pemantauan lingkungan dilaksanakan melalui wawancara, pengukuran/pengamatan langsung di lapangan disertai dengan analisis dan penyusunan laporan hasil pemantauan untuk kepentingan internal perusahaan maupun pelaporan kepada instansi terkait.  Pemantauan dilakukan terhadap setiap dampak kegiatan pengelolaan hutan, baik dampak yang bersifat positif maupun negatif.  Pelakananaan pemantauan lingkungan di lapangan mengacu kepada Dokumen Rencana Pemantauan Lingkungan (RPL) dan hasil kajian High Conservation Value Assessment PT Gema Hutani Lestari.

Secara specifik, kegiatan pemantauan lingkungan yang akan dilaksanakan oleh IUPHHK-HA PT Gema Hutani Lestari mengacu kepada Prosedur Pemantauan dan Pengukuran Lingkungan dan Nilai Konservasi Tinggi (GHL/PL/BHT.05) antara lain meliputi kegiatan sebagai berikut :

  • Monitoring kerusakan tegakan tinggal, tanah dan air akibat kegiatan pembalakan (di lokasi bekas tebangan, jalan sarad, sepanjang kiri kanan sungai dan tempat pengumpulan kayu).
  • Monitoring debit sungai dan kualitas air sungai, pengamatan erosi tanah, sedimentasi dan keberadaan mata air.

Realisasi kegiatan pemantauan tahun 2013 sebagai tindak lanjut Dokumen RPL dan hasil Full High Conservation Value Assessment PT Gema Hutani Lestari disajikan secara detail dalam Tabel 1. Realisasi Progres Pelaksanaan Pemantantauan High Conservation Value (HCV) PT Gema Hutani Lestari.  Klik disini untuk melihat lebih detail.