Identitas Budaya

Kawasan konsesi PT GHL merupakan sebuah bagian yang tidak dapat dipisahkan dari konsepsi kosmologi Orang Buru atau Geba Bupolo, yang merupakan salah satu identitas budaya berada dalam kesatuan wilayah ini. Sebagai sebuah masyarakat yang tumbuh dan berkembang seiring dengan irama perubahan jaman dan relasi dengan perubahan lingkungannya beberapa hal yang menjadiidentitas budaya orang bupolo/geba bupolo menjadipenting bagi keberlangsungan “keberadaan” Geba bupolo. Identitas budaya ini antara lain berupa ; struktur adat, pembagian marga/soa, tempat keramat, situs, pembagian kawasan adat (tenurial), satwa dan tumbuhan.

Sebuah kawasan hutan dapat ditetapkan sebagai KBKT apabila mengandung atau menyediakan nilai-nilai yang tanpanya sebuah masyarakat lokal akan mengalami paksaan perubahan budaya yang tidak dapat diterima.

Identitas budaya Geba Bupolo yang merupakan NKT 6 di dalam kawasan konsesi PT. GHL menjadi sangat penting untuk menjaga kelangsungan identitas budaya masyarakat lokal di P. Buru.